20 Situs Penyedia Tema WordPress Gratis

Situs Penyedia Tema WordPress Gratis

Terdapat banyak situs penyedia tema WordPress yang bisa Kamu unduh secara gratis, sayangnya sebagian tema yang bertebaran di internet adalah versi nulled atau bajakan.

Selain ilegal, penggunaan tema nulled juga dapat membahayakan keamanan situs Kamu. Seringkali pengguna tema bajakan menemui malware dan masalah keamanan lainnya, sehingga dapat menyebabkan situs Kamu disusupi oleh Hacker.

Hal ini juga berlaku sama pada plugin versi nulled, jadi jangan sampai website Kamu menggunakan tema dan plugin bajakan ya! Nah, untuk menghindari hal tersebut Kamu bisa mengunduh tema gratis original melalui situs-situs dibawah ini.

20 Situs Tempat Download Tema WordPress Gratis

Situs Tempat Download Theme WordPress Gratis

Sebelum mulai mengunduh tema, perlu Kamu ketahui jika unduhan tema tersebut akan berupa file zip yang perlu Kamu upload melalui dashboard WordPress. Berbeda jika Kamu melakukan instalasi tema melalui dashboard, Kamu dapat langsung menginstall melalui menu tema.

Untuk mengunggah tema tersebut, Kamu hanya perlu masuk ke dashboard > tema > tambah baru > unggah tema atau bisa langsung akses melalui blogmu.com/wp-admin/theme-install.php.

1. WordPress

WordPress menyediakan banyak sekali pilihan tema yang bisa Kamu gunakan secara gratis, namun sebagian orang mungkin merasa kurang cocok sehingga menggunakan tema dari situs luar.

Terdapat ribuan tema yang bisa Kamu unduh melalui situs resmi WordPress.org. Tema-tema yang tersedia pada situs ini cukup beragam, karena berasal dari banyak pengembang yang saling beradu karya untuk menciptakan tema terbaik.

Jika Kamu seorang pengembang tema WordPress, Kamu juga dapat mengunggah hasil karyamu melalui laman Submit Your Theme or Theme Update to the Directory.

2. WooCommerce

Jika Kamu ingin membangun sebuah toko online menggunakan WordPress, tentu saja Kamu memerlukan sebuah tema yang mendukung baik dalam desain maupun fitur-fiturnya

WooCommerce merupakan sebuah solusi eCommerce yang bisa Kamu gunakan secara gratis untuk membangun bisnis online Kamu. Platform WooCommerce ini bersifat open-source, sehingga Kamu akan mendapatkan kepemilikan penuh atas konten dan data toko online Kamu.

Tersedia juga plugin WooCommerce yang bisa didapatkan secara gratis untuk melengkapi fitur-fitur pada toko online Kamu. Tetapi, untuk mendapatkan fitur yang lebih baik Kamu perlu menggunakan plugin versi berbayarnya ya!

3. WPExplorer

Kabar baik bagi para developer, karena Kamu dapat mengunduh tema WordPress berlisensi GPL secara gratis melalui situs ini. Dengan adanya lisensi GPL, artinya Kamu bebas untuk menggunakan, menyalin, mengedarkan dan mengembangkan tema tersebut tanpa harus membayar atau memiliki izin terlebih dahulu.

Selain itu, tema yang disediakan oleh WPExplorer ini sangat bagus baik dari segi desain maupun fungsionalitasnya. Sayangnya, tidak terdapat banyak tema WordPress gratis yang bisa unduh melalui situs ini.

4. MyThemeShop

MyThemeShop merupakan situs yang menyediakan tema dan plugin premium dengan desain unik, ramah untuk SEO serta memiliki kecepatan loading yang tinggi.

Meskipun MyThemeShop menjual tema premium, tetapi Kamu juga dapat mengunduh tema WordPress versi gratis melalui situs ini. Tetapi, tentu saja terdapat perbedaan fitur jika membandingan versi gratis dengan yang premium, jadi gunakan versi premium untuk mendapatkan performa yang lebih baik ya!

5. ThemeForest

ThemeForest adalah marketplace yang menyediakan beragam kebutuhan template premium, seperti WordPress Themes, Bootstrap Templates, HTML Templates, Email Templates dll.

Sebagai marketplace template, ThemeForest memiliki popularitas yang sangat tinggi. Sehingga, template yang disediakan pada situs ini sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya.

Walaupun ThemeForest merupakan marketplace, tetapi situs ini akan menyediakan sejumlah tema WordPress premium yang bisa Kamu unduh secara gratis setiap bulannya.

6. Colorlib

Situs ini awalnya didirikan sebagai bentuk eksperimen dalam pembelajaran pengembangan web, yang kemudian bergabung komunitas WordPress dan merilis tema WordPress gratis.

Saat ini, Colorlib telah berubah haluan menjadi sebuah bisnis dan menjual berbagai tema premium. Tetapi, situs ini tetap memberikan tema WordPress gratis yang bisa Kamu unduh melalui situs Colorlib ataupun laman resmi WordPress.org.

7. Smart Magazine Themes

Smart Magazine Themes merupakan situs menawarkan berbagai macam tema WordPress gratis yang dapat digunakan untuk penggunaan pribadi atau komersial dengan lisensi CC BY 3.0.

Lisensi CC BY 3.0 artinya Kamu diperbolehkan menggunakan, menyalin, mengedarkan dan mengembangkan tema tersebut. Tetapi, Kamu tetap harus memberikan atribusi atau kredit yang sesuai kepada pembuat tema tersebut.

8. FlexiThemes

FlexiThemes mirip seperti SMThemes.com, mereka menyediakan ribuan tema WordPress yang dapat digunakan gratis namun tetap menyertakan tautan sponsor di bagian footer.

Tidak ada perbedaan yang signifikan antara tema gratis dan berbayar. Jika Kamu berlangganan member pada situs ini, Kamu akan mendapatkan tema tanpa tautan sponsor dan dukungan dari developer saja.

9. Lovely Templates

Meskipun Lovely Templates bukanlah pengembang tema, tetapi situs ini dapat membantu Kamu untuk mendapatkan beragam tema gratis dari berbagai pengembang lain.

Terdapat banyak sekali pilihan tema yang bisa Kamu unduh dari situs LovelyTemplates, Kamu dapat memilih tema untuk kebutuhan blog, portofolio, bisnis dan masih banyak lagi. Selain itu, LovelyTemplates juga menyediakan template Blogger gratis yang tidak kalah menarik dari tema WordPressnya.

10. SKT Themes

Situs ini juga merupakan penyedia tema WordPress profesional yang dapat membantumu untuk mendapatkan hasil maksimal dari situs web Kamu. Sayangnya, pemberian tema gratis oleh SKT Themes rata-rata untuk kebutuhan komersil, bukan untuk penggunaan pribadi.

Sehingga, situs ini kurang cocok apabila tujuan Kamu adalah membangun sebuah blog. Tetapi, tema yang terdapat pada situs ini memang benar-benar menarik untuk digunakan pada situs komersil.

11. ThemeGrill

ThemeGrill merupakan situs yang menyediakan beragam tema WordPress cantik yang cepat, ringan dan dapat disesusaikan dengan mudah melalui dashboard WordPress.

Meskipun ThemeGrill dikenal sebagai tema WordPress premium, tetapi sebenarnya mereka juga menyediakan tema versi gratis yang terkenal seperti tema ColorMag dan Zakra.

12. FameThemes

FameThemes adalah situs pengembang yang mengkhususkan diri sebagai perancang tema WordPress dengan elegan, bersih, dan indah. Sayangnya, tidak semua tema disini dapat Kamu unduh secara gratis.

Tetapi jangan khawatir, FameThemes tetap menyediakan puluhan tema WordPress gratis yang tidak kalah menarik dengan versi premiummya.

13. ThemeIsle

Situs ini menawarkan dua tema gratis yang sangat bagus, yaitu Neve dan Hestia.  Neve merupakan salah satu tema WordPress yang paling canggih, ramah pengguna, dan dapat disesuaikan serta digunakan dengan mudah.

Sedangkan Hestia adalah tema satu halaman penuh gaya yang sempurna untuk semua jenis bisnis Kamu. Tema ini menawarkan kinerja tinggi yang hadir dengan pengalaman pengguna yang luar biasa.

14. Rara Themes

Tema gratis dari Rara Themes menawarkan beragam fitur solid untuk membantu Kamu dalam membangun sebuah situs menggunakan platform blogging WordPress.

Rara Themes menyediakan berbagai macam tema menarik yang memenuhi standar WordPress, serta terdaftar melalui direktori tema WordPress dan lolos dalam proses peninjauan lengkap

15. TemplateMonster

TemplateMonster sebenarnya adalah sebuah marketplace untuk membeli dan menjual produk digital seperti template situs, plugin dan desain grafis yang tentu saja berbayar. Tetapi, terdapat ribuan tema WordPress dan template situs yang dibagikan secara gratis pada marketplace yang satu ini.

16. 8Degree Themes

8Degree Themes merupakan situs pengembang dari Nepal yang memberikan tema WordPress berkualitas seperti tema blog pribadi, tema berita dan majalah, tema bisnis, tema toko eCommerce dan masih banyak lagi.

Tema yang disediakan oleh situs ini dipastikan responsif, aman, dan cepat sehingga dapat membantu Kamu untuk membangun situs web menggunakan WordPress dengan kinerja yang tinggi.

17. AccessPress Themes

Masih berasal dari Nepal, AccessPress Themes adalah situs yang menawarkan beragam tema serta plugin WordPress terbaik untuk memenuhi kebutuhan Kamu secara gratis dan komersial.

Meskipun tema gratis yang disediakan oleh AccessPress Themes tidak banyak, tetapi tema-tema tersebut sangat luar biasa dan stylish, serta dapat digunakan untuk berbagai niche.

18. InkHive.com

InkHive memilik koleksi tema WordPress gratis dan premium yang sangat mudah digunakan bahkan untuk pemula sekali pun. InkHive juga berkontribusi pada komunitas WordPress sebagai pengembang tema dan plugin gratis dengan lisensi GPL.

19. Mystery Themes

Situs ini menawarkan berbagai jenis tema WordPress yang indah serta menarik untuk kebutuhan blogging, eCommerce, majalah, bisnis dan masih banyak lagi.

Tema yang terdapat pada Mystery Themes memiliki kecepatan akses yang baik, mudah dikustomisasi dan kompatibel dengan WordPress Page Builder.

20. BlossomThemes.com

Blossom Themes adalah situs penyedia koleksi tema WordPress yang kaya fitur dengan desain feminin yang cantik. Kamu bisa mendapatkan tema WordPress gratis dengan kombinasi warna yang menarik dan tipografi yang menarik. Sehingga, tema yang terdapat pada Blossom Themes ini lebih cocok digunakan oleh seorang wanita yang ingin membuat situs.

Itulah 20 rekomendasi situs tempat download tema gratis WordPress. Jika masih kurang banyak. Ingat, jangan memilih tema dari tampilan desainnya saja ya. Lebih baik memilih tema yang bagus dalam hal kecepatan, responsive, ramah pengguna dan SEO friendly agar situs Kamu memiliki poisisi yang bagus di Search Engine.

Artikel Terkait :

Tinggalkan Komentar