10 Plugin WordPress Terbaik yang Wajib Kamu Install

Plugin Wordpress Terbaik yang Wajib Kamu Install

Jika Kamu menggunakan platform WordPress pasti sudah tidak asing lagi dengan plugin. Ya, plugin merupakan aplikasi yang bisa Kamu gunakan untuk menambah fitur-fitur pada situs tanpa harus menguasai bahasa pemrograman yang rumit.

Keberadaan plugin pada WordPress mampu menunjang situs untuk memberikan layanan terbaik kepada penggunanya, serta memberikan fitur administrasi yang lebih mumpuni.

Ada banyak sekali pilihan plugin gratis yang bisa Kamu dapatkan melalui laman WordPress Plugins atau melalui menu Plugin Install pada dashboard WordPress. Berikut adalah beberapa rekomendasi plugin WordPress terbaik yang wajib Kamu Install.

10 Rekomendasi Plugin WordPress Terbaik

Rekomendasi Plugin WordPress Terbaik

1. Jetpack

Plugin Jetpack merupakan aplikasi yang dapat Kamu gunakan untuk menambah lapisan keamanan pada situs WordPress Kamu. Jetpack mampu memberikan proteksi dari serangan brute force yang mencoba login ke dashboard secara terus menerus. Jetpack dapat memindai situs Kamu dari Malware dan ancaman-ancaman keamanan lainnya.

Selain memiliki fitur keamanan, Jetpack juga dapat meningkatkan performa & kecepatan akses situs Kamu dengan cara mengoptimalkan gambar dan menyajikannya bersama file statis, seperti CSS dan JavaScript.

Meskipun plugin ini bisa digunakan secara gratis, namun banyak fitur-fitur yang lebih menarik apabila Kamu menggunakan paket premium, seperti pemindaian otomatis dan pencadangan otomatis.

2. WP Super Cache

WP Super Cache adalah plugin yang berfungsi untuk menghasilkan file html statis dari situs WordPress Kamu, sehingga dapat membantu Kamu dalam meningkatkan kecepatan situs.

Setelah file html dibuat, server web akan menyajikan file tersebut kepada pengguna yang mengakses situs Kamu. Penggunaan file html statis tentu saja akan lebih ringan jika dibandingkan dengan script PHP WordPress yang relatif lebih berat.

Untuk memaksimalkan kecepatan akses situs, Kamu bisa mengkombinasikan plugin ini dengan Jetpack yang masih dalam satu pengembang yaitu “Automattic”.

3. Yoast SEO

SEO (Search Engine Optimization) merupakan teknik yang dapat meningkatkan peringkat situs pada hasil mesin pencari (SERP). Nah, untuk membantu Kamu dalam mengoptimasi SEO, Kamu bisa menggunakan plugin Yoast SEO.

Yoast SEO adalah salah satu plugin yang paling populer karena mudah digunakan dan memiliki fitur yang cukup lengkap dalam menganalisis SEO terhadap situs Kamu.

Fitur-fitur pada plugin ini meliputi Sitemap XML tingkat lanjut, template untuk deskripsi judul dan meta, breadcrumbs, integrasi Schema.org dan masih banyak lagi. Kamu juga bisa melakukan optimasi pada setiap pos dan laman menggunakan analisis SEO dan keterbacaan melalui plugin ini.

4. Akismet

Pernahkah Kamu menemui komentar-komentar spam pada sebuah blog WordPress? Hal itu mungkin saja terjadi apabila sebuah blog tidak memiliki fitur untuk menyaring komentar spam.

Akismet secara otomatis akan memeriksa dan menyaring komentar yang terlihat seperti spam. Kamu juga dapat melihat riwayat status pada komentar yang ditangkap sebagai spam, dan memilih untuk menampilkan atau tidaknya komentar tersebut.

Pada platform WordPress, biasanya secara default sudah disematkan plugin Akismet sehingga Kamu tidak perlu repot-repot melakukan install pada plugin ini. Hal yang perlu Kamu lakukan hanyalah melakukan pembaruan jika terdapat versi terbaru dari plugin ini.

5. Really Simple SSL

Really Simple SSL merupakan plugin keamanan yang dapat mendeteksi pengaturan dan mengkonfigurasi situs web agar Kamu untuk dijalankan melalui HTTPS.

Cara kerja plugin ini adalah dengan memeriksa sertifikat SSL yang ada, kemudian mengalihkan semua permintaan masuk ke situs Kamu dari URL http:// menjadi https://.

Jika Kamu tidak memiliki sertifikat SSL, Kamu bisa menggunakan sertifikat Let’s Encrypt gratis yang bisa langsung diinstall tanpa perlu repot-repot melalui plugin ini.

6. Sassy Social Share

Seperti yang kita ketahui, bahwa saat ini social media memegang peranan penting dalam kehidupan manusia. Semua informasi mengenai apapun bisa didapatkan hanya dengan satu genggaman saja. Dengan memanfaatkan keadaan yang seperti itu, Kamu dapat mempromosikan situs dan mendatangkan lebih banyak traffic melalui social media sharing.

Salah satu cara terbaik untuk memaksimalkan potensi ini adalah dengan memasang fitur social sharing pada situs Kamu. Namun, mungkin beberapa orang akan kesulitan untuk memasang fitur ini karena secara default banyak tema yang tidak menyediakannya.

Tetapi jangan khawatir, Kamu bisa menggunakan plugin Sassy Social Share untuk mempromosikan dan mendatangkan lebih banyak traffic ke situs Kamu.

8. UpdraftPlus

Memiliki backup pada situs web sangat penting untuk meminimalkan risiko saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti crash sistem, kerusakan website dan masalah keamanan lainnya.

Sebagian orang mungkin ahli dalam mengurus website dan lebih memilih untuk melakukan backup secara manual, tetapi untuk pemula banyak orang yang kesulitan melakukan hal tersebut.

Pada platform WordPress, banyak sekali jenis plugin yang bisa Kamu gunakan untuk melakukan backup situs dan salah satunya adalah UpdraftPlus. Plugin ini memiliki fitur untuk untuk mencadangkan data seperti tema, plugin, postingan, dan database serta memulihkan data tersebut dengan mudah.

9. WordFence Security

Plugin WordFence memiliki fitur yang dapat menyertakan firewall dan memindai malware untuk melindungi situs WordPress Kamu dari serangan Hacker jahat.

Dengan menggunakan plugin ini, Kamu akan mendapat fitur kemanan berupa firewall. proteksi brute force, pemindai malware, block ip, two factor authentication (2FA) dan masih banyak lagi

Fitur-fitur yang lengkap pada WordFence membuatnya menjadi salah satu plugin keamanan terbaik dan menjadi andalan bagi pemilik platform WordPress untuk mengamankan situsnya.

10. Redirection

Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi posisi dan reputasi situs pada search engine adalah Broken Link. Sebab, tautan atau link yang rusak pada situs Kamu bisa menjadi poin negatif di mata mesin pencari.

Banyak hal yang dapat memungkinkan broken link terjadi, seperti kesalahan pengetikan tautan, perubahan alamat domain, perubahan direktori website, file atau konten yang terhapus dll.

Jika mencari broken link secara manual mungkin akan merepotkan Kamu, terlebih jika blog Kamu memiliki banyak konten. Nah, untuk mengatasi hal tersebut Kamu bisa menggunakan plugin bernama Redirection.

Redirection adalah plugin yang dapat melacak keberadaan broken link melalui kesalahan 404, dan membantu Kamu untuk melakukan pengalihan 301. Sehingga, Kamu bisa merubah ataupun mengalihkan broken link pada situs Kamu ke alamat yang sudah diperbarui.

Itulah 10 rekomendasi plugin WordPress terbaik yang wajib Kamu install. Sebenarnya, masih banyak plugin-plugin WordPress lain yang bisa Kamu gunakan untuk meningkatkan performa dan kualitas situsmu. Tetapi, rekomendasi plugin diatas sudah cukup untuk memenuhi fitur-fitur pada situs Kamu.

Jika Kamu ingin menambahkan plugin lainnya, pastikan agar tidak memasang plugin dengan fitur yang sama. Selain itu, jangan memasang plugin yang tidak memiliki fungsi penting untuk kebutuhan blog Kamu. Sebab, hal tersebut hanya akan memberatkan server dan pada akhirnya dapat memperburuk loading pada situs Kamu.

Jadi, pastikan semua plugin yang Kamu instal memang benar-benar memiliki fungsi yang Kamu butuhkan ya!

Artikel Terkait :

Tinggalkan Komentar