Mengenal Windows 11 dan Fitur-Fiturnya

Microsoft secara resmi telah merilis sistem operasi Windows 11 pada tanggal 5 October 2021 silam. Teknologi yang terdapat pada sistem operasi ini digadang-gadang akan menjadi yang terbaik di masa depan.

Dengan adanya peluncuran sistem operasi ini, maka Microsoft akan memberhentikan pembaruan pada sistem operasi terdahulunya (Windows 10) pada tahun 2025 mendatang.

Hal ini sudah menjadi sesuatu yang lazim, jika kita melihat kebijakan mereka sebelumnya yang tidak akan memberikan update sistem dalam jangka waktu beberapa tahun setelah dirilisnya OS terbaru.

Oleh sebab itu, bagi pengguna PC yang ingin tetap memiliki sistem dengan keamanan tinggi dan teknologi tercanggih kita tidak punya pilihan selain mengikuti perkembangan perusahaan Raksasa AS ini.

Namun jangan khawatir, Microsoft memberikan upgrade gratis untuk pengguna Windows 10 yang ingin beralih menggunakan Windows 11 melalui Windows Update.

Spesifikasi Minimum Komputer Windows 11

Perlu diingat bahwa teknologi yang terdapat pada Windows 11 berbeda dengan versi sebelumnya, dengan begitu tidak semua device yang memiliki sistem operasi Windows 10 dapat beralih ke versi terbaru.

Berikut adalah spesifikasi minimum yang Kamu butuhkan untuk beralih ke Windows 11 :

  • Processor : 1 GHz ke atas dengan 2 core atau lebih, 64 bit; bisa juga SoC
  • RAM : 4 GB
  • Penyimpanan : 64 GB atau lebih
  • Sistem Firmware: UEFI, mendukung secure boot
  • TPM: Trusted Platform Module versi 2.
  • Kartu Grafis (VGA) : Kompatibel dengan DirectX 12 atau WDDM 2.x
  • Tampilan : Layar 9 ” ke atas dengan resolusi 720p, warna 8 bit
  • Koneksi Internet : Akun Microsoft dan koneksi internet dibutuhkan untuk penyiapan Windows 11

Jika spesifikasi device yang Kamu gunakan telah memenuhi minimum, Kamu dapat langsung melakukan update gratis melalui Windows Update settings (Settings > Update & Security > Windows Update).

Fitur-Fitur Pada Windows 11

Fitur-Fitur Pada Windows 11

1. Tampilan Windows 11

Windows 11 memiliki banyak sekali perubahan pada tampilan antarmuka pada sistem operasi mereka. Antarmuka yang terdapat pada Windows 11 memberi kesan minimalis namun juga elegant, sehingga dapat meningkatkan fokus kita saat bekerja.

Bagi pengguna sistem operasi Windows terdahulu, biasanya kita akan menemukan tombol start menu di bagian pojok kiri bawah pada layar. Namun berbeda dengan Windows 11, secara default tombol tersebut akan berada di tengah-tengah layar.

Mungkin sebagian orang tidak biasa dengan hal tersebut, tapi jangan khawatir karena Kamu dapat mengubah pengaturan tombol tersebut agar berada disebelah kiri.

Pada bagian tampilan panel start juga terlihat sangat berbeda, antarmuka yang akan muncul saat tombol start di klik akan berbentuk persegi panjang di tengah-tengah layar. Fitur ini terlihat sangat minimalis dan modern, dengan ikon yang berbentuk kotak kecil pada permukaan desktop.

Selain itu, terdapat pula snap layout dan snap group yang dapat menunjang aktivitas multitasking pada desktop Kamu. Kamu bisa membagi layar dalam satu ukuran besar dan dua ukuran kecil atau dengan beberapa opsi lainnya.

2. Aplikasi Microsoft Teams

Microsoft Teams merupakan sebuah aplikasi komunikasi yang dapat digunakan untuk menunjang berbagai aktivitas pekerjaan Kamu.

Fitur dalam aplikasi ini pun cukup lengkap seperti personal chat, video call, meeting online (audio & video) dan juga terintegrasi dengan aplikasi Microsoft Office.

Hal inilah yang membuat Microsoft Teams menjadi salah satu aplikasi terbaik untuk mendukung pekerjaan dari rumah. Terlebih lagi, sejak tahun 2020 banyak sekali perusahaan yang menerapkan kebijakan WFH kepada para karyawannya.

3. Pengalaman Gaming yang Lebih Baik

Menurut Microsoft, terdapat ratusan juta orang gamers yang menggunakan sistem operasi Windows dalam bermain game desktop dan menemukan kebahagiaan mereka disana.

Dari hal tersebut Microsoft memaksimalkan perfroma Windows 11 dengan cara memaksimalkan potensi hardware melalui teknologi tertinggi.

Teknologi seperti DirectX 12 Ultimate, DirectStorage, Auto HDR dan Xbox Game Pass mampu memberikan Kamu pengalaman gaming yang lebih baik dibandingkan dengan versi Windows sebelumnya.

4. Ramah untuk Developers dan Creators

Microsoft menghadirkan Microsoft Store dalam Windows 11 guna menunjang ekonomi yang lebih besar bagi developers dan creators.

Microsoft mengizinkan Developers dan Independent Sftware Vendor (ISV) menyediakan aplikasi berbasis Win32, PWA (Progressive Web App), UWP (Universal Windows App), atau kerangka lainnya.

Selain itu, Microsoft juga mengklaim bahwa developers dapat menyimpan 100% pendapatan dari penjualan store tanpa harus berbagi komisi dengan Microsoft.

Ekosistem yang lebih ramah dan terbuka dari Microsoft dapat meningkatkan kualitas perangkat lunak pada Microsoft Store. Sehingga, baik developers maupun pengguna akan lebih senang terhadap kebijakan baru ini.

5. Keamanan yang Lebih Baik

Microsoft Windows 11 menghadirkan teknologi keamanan built-in terbaru yang akan menambah perlindungan dari chip ke cloud.

Melalui kerja sama dengan mitra OEM dan silicon, Microsoft meningkatkan keamanan dasar sistem guna melindungi pengguna dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Dengan kompabilitas aplikasi yang lebih baik pada Micorsoft Store, memungkinkan pengguna untuk mendapatkan perangkat lunak yang bebas dari serangan siber dan virus di internet.

Macam-Macam Edisi Windows 11

Terdapat 3 versi Windows 11 yang bisa Kamu gunakan, yaitu :

  • Windows 11 Home
    Edisi ini ditujukan kepada pengguna rumahan, pelajar dan gamer untuk menunjang produktivitasnya.
  • Windows 11 Pro
    Edisi ini dirancang untuk tempat kerja hybird, yang memiliki fitur bisnis dan manajemen untuk bekerja lebih efisien, lancar, serta aman di mana pun dan kapan pun.
  • Windows 11 Enterprise
    Edisi ini ditujukan untuk organisasi yang membutuhkan keamanan ekstra, kontrol terhadap fitur, aplikasi dan manajemen sistem operasi.

Untuk perbandingan tingkat lanjut, Kamu bisa melihat halaman Compare Windows 11.

Download Windows 11 Original

Setelah memahami semua penjelasan diatas, dan spesifikasi desktop Kamu memenuhi minimum maka Kamu bisa langsung download Windows 11 melalui situs resminya.

https://www.microsoft.com/software-download/windows11

Terdapat 3 opsi instalasi yang diberikan oleh Microsoft untuk mengunduh Windows 11, yaitu :

1. Windows 11 Installation Assistant

Asisten instalasi Windows 11 ini digunakan apabila Kamu ingin melakukan upgrade dari Windows 10 ke Windows 11 tanpa harus membuat bootable.

Untuk menjalankan asisten instalasi, pastikan desktop Kamu telah menggunakan Windows 10 dengan lisensi original, memiliki ruang penyimpanan kosong sebesar 9 GB dan menggunakan processor 64 bit.

Apabila Kamu menggunakan processor 32 bit, maka Kamu tidak bisa menggunakan Windows 11 Installation Assistant dan harus menggunakan metode instalasi lain.

2. Windows 11 Installation Media

Metode instalasi ini dapat digunakan apabila Kamu ingin melakukan install ulang terhadap desktop Kamu. Opsi ini akan memberikan Kamu unduhan berupa alat pembuatan media untuk USB atau DVD yang dapat di-boot.

Instalasi ini akan memberikan Kamu upgrade dari Windows 10 ke Windows 11, Kamu juga perlu menggunakan Flash Drive atau Disk DVD kosong sebagai bootable.

3. Windows 11 Disk Image (ISO)

Mengunduh Windows 11 Disk Image sebenarnya hampir sama dengan Windows 11 Installation Media, hanya saja Kamu perlu membuat bootable sendiri.

Kamu masih memerlukan USB Flash Drive atau DVD yang nantinya akan diburning dengan installer Windows 11, terdapat banyak perangkat lunak yang bisa Kamu gunakan salah satunya adalah Rufus.

Demikianlah ulasan tentang mengenal Windows 11 dan fitur-fiturnya. Pastikan spesifikasi Kamu memadai jika ingin melakukan upgrade ke Windows 11 ya!

Artikel Terkait :

Tinggalkan Komentar