5 Software Backup Terbaik Untuk PC / Laptop

5 Software Backup Terbaik Untuk PC / Laptop

Sebagai pengguna komputer, kehilangan data tentu saja merupakan hal yang tidak diinginkan. Untuk menghindari hal tersebut, salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan cara melakukan backup data pada komputer kamu.

Sebagian orang mungkin menganggap backup adalah hal yang tidak perlu saat perangkat baik-baik saja. Tetapi sebenarnya hal ini sangat penting dilakukan  sebelum perangkat kamu mengalami kerusakan dan kehilangan data-data pentingmu.

Nah, berikut adalah 5 rekomendasi software backup yang bisa kamu gunakan untuk mengamankan data.

5 Rekomendasi Software Terbaik untuk Backup Data

1. EaseUS Todo Backup

EaseUS Todo Backup - Software Terbaik untuk Backup Data
Sumber : easeus.co.id

EaseUS merupakan aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengamankan data dengan fitur-fitur mumpuni. Meskipun aplikasi ini memiliki UI sederhana tetapi mempunyai kemampuan yang kuat untuk membuat cadangan disk, partisi, OS dan file dan menyimpan cadangan ke drive lokal, hard drive eksternal, NAS, jaringan dan cloud.

Software ini dengan “pintar” akan melakukan auto-backup pada folder atau drive yang sering kamu gunakan. Tentu saja fitur tersebut menjadi bisa diaktifkan atau dinonaktifkan sesuai kehendak penggunanya. Ditambah lagi, terdapat teknologi penyimpanan cloud gratis sampai sebesar 250GB kepada setiap pengguna.

Selain mengamankan data, EaseUS Todo Backup juga dapat melakukan backup dalam format system image. Sehingga, kamu bisa mengembalikan kondisi Windows seperti saat system image dibuat.

2. Paragon Backup & Recovery

Paragon Backup & Recovery - Software Terbaik untuk Backup Data
Sumber : paragon-software.com

Paragon Backup & Recovery menawarkan proses mencadangkan dan memulihkan data atau seluruh sistem dengan cepat, baik untuk memastikan integritas dan konsistensi informasi berharga, atau hanya untuk menjaga keamanan selama servis dan pemeliharaan.

Kamu dapat mencadangkan seluruh file, volume, dan disk atau memilih satu per satu pada aplikasi ini. Terdapat juga fitur jadwal pencadangan, yang memungkinkan kamu gunakan untuk melakukan backup komputer secara rutin.

Sama seperti EaseUS Todo Backup, aplikasi ini juga memiliki fitur yang bernama Recovery Media Builder. Fitur ini berguna untuk mem-boot sistem dari CD atau USB yang dapat di-boot untuk memulihkan seluruh sistem kamu termasuk OS, program yang terinstal, pengaturan pengguna, dan data-data lainnya.

3. Cobian Reflector

Cobian Reflector - Software Terbaik untuk Backup Data
Sumber : softpedia.com

Software Cobian Reflector hadir dengan fitur pencadangan yang mudah untuk digunakan, bahkan untuk pemula sekalipun. Cobian Reflector menyediakan opsi backup dengan unggahan ke server FTP atau SFTP yang dapat mengamankan berkas hasil backup kamu ke tempat yang aman, karena penyimpanan internal seperti HDD dan SSD bisa saja terhapus jika perangkat mengalami kerusakan.

Cobian Reflector juga dapat melakukan backup pada beberapa lokasi sekaligus, sehingga pekerjaan backup bisa dilakukan secara bersamaan. Selain itu, terdapat juga opsi kompress untuk menghemat ruang dan enkripsi yang dapat menjaga data kamu agar tetap aman.

4. FBackup

FBackup - Perangkat Lunak Pencadangan & Perlindungan Data Gratis
Sumber : fbackup.com

FBackup memang memiliki tampilan antarmuka yang sangat sederhana, tetapi kamu tidak boleh melewatkan aplikasi yang satu ini. Meskipun tampilannya tidak menarik, FBackup adalah software backup yang cukup baik, walaupun tidak memliki fitur selengkap Paragon Backup & Recovery.

Software ini menawarkan opsi backup mode wizard dan advanced, yang sangat memudahkan kamu untuk membuat backup file dan foldermu. Nantinya, hasil backup kamu dapat disimpan ke dalam disk internal atau jaringan, disk eksternal ataupun Google Drive.

Meskipun aplikasi ini akan menampilkan iklan pada pengguna gratis, tetapi iklan tersebut relatif tidak mengganggu dan dapat kamu abaikan jika tidak tertarik. Terdapat juga perbedaan fitur lainnya pada versi berbayar seperti enkripsi, backup FTP dan pemberitahuan email.

5. Google Drive

Google Drive - Rekomendasi Software Terbaik untuk Backup Data
Sumber : google.com

Google Drive merupakan ruang penyimpanan berbasis cloud yang bisa digunakan sebagai alat alternatif untuk melakukan backup data-data penting kamu. Karena pada dasarnya Google Drive bukanlah software backup, jadi kamu hanya bisa menggunakan ruang penyimpanan cloud sebesar 15 GB saja.

Meskipun begitu, menggunakan Google Drive sebagai sarana backup patut kamu pertimbangkan karena data yang kamu simpan tidak akan hilang atau rusak dan dapat diakses kapan saja melalui Google Drive.

Nah, itulah 5 software backup terbaik yang bisa kamu gunakan untuk pc dan laptop. Jangan lupa juga untuk menggunakan antivirus terbaik untuk melindungi data-data kamu, agar tidak rusak dan hilang akibat virus komputer.

Artikel Terkait :

Tinggalkan Komentar