7 Antivirus Gratis Terbaik untuk PC & Laptop

7 Antivirus Gratis Terbaik untuk PC & Laptop

Keberadaan virus dan malware selalu menjadi ancaman serius untuk komputer, terutama bagi pengguna sistem operasi Microsoft Windows. Pada dasarnya, sistem operasi Windows sudah dilengkapi dengan antivirus bawaan Windows Defender yang termasuk dalam salah satu komponen Windows Security.

Meskipun sebenarnya antivirus bawaan tersebut sudah sangat bagus, tetapi antivirus ini tidak cukup untuk melindungi komputer Kamu dari internet. Selain itu, pihak Microsoft jarang sekali melakukan update untuk Windows Defender, sehingga antivirus ini tertinggal dalam hal teknologi perlindungan virus dan malware dibandingkan program antivirus lainnya.

Untuk mengatasi hal tersebut, kebanyakan pengguna Windows mulai beralih menggunakan antivirus pihak ketiga. Ada banyak sekali program antivirus yang bisa Kamu dapatkan melalui internet, nah berikut merupakan rekomendasi antivirus gratis terbaik.

7 Rekomendasi Antivirus Gratis Terbaik

7 Rekomendasi Antivirus Gratis Terbaik

1. Kaspersky Security Cloud Free

Kaspersky merupakan salah satu antivirus dengan mesin pemindai tercepat yang mampu menjaga dan mengamankan perangkat Kamu dari ancaman virus.

Dengan menggunakan teknologi keamanan terbaik dan analisis otomatis data real-time tentang ancaman baru, Kaspersky mampu melindungi komputer Kamu dari berbagai bahaya. Kaspersky memberikan perlindungan untuk mengatasi virus, file yang terinfeksi, aplikasi berbahaya, dan situs mencurigakan.

Antivirus dari Kaspersky dapat memberikan keamanan tanpa memperlambat kinerja komputer. Selain itu, Kamu dapat menerima pembaruan otomatis dan memastikan program antivirus selalu dalam versi terbaru untuk membuat komputer selalu tetap aman.

Sayangnya, fitur-fitur Kaspersky pada versi gratis tergolong sedikit jika dibandingkan dengan antivirus gratis lainnya. Tetapi Kaspersky juga menawarkan beberapa program gratis seperti VPN, pengelola password dan keamanan internet yang sangat berguna untuk komputer Kamu.

2. Avira Free Security

Avira memberikan perlindungan dari ancaman yang telah berevolusi agar lebih sesuai dengan gaya hidup digital Kamu. Antivirus Avira dapat melindungi data dan perangkat kamu dari semua jenis ancaman, termasuk dalam pemilihan kata sandi yang lemah atau perangkat lunak yang ketinggalan jaman.

Avira memiliki pemindai yang mampu melindungi komputer dari virus, ransomware, trojan, dan worm. Antivirus gratis dari Avira juga dapat mengidentifikasi aplikasi tersembunyi yang berjalan dibalik perangkat lunak yang sah.

Dengan menggunakan antivirus ini, Kamu tak perlu khawatir lagi untuk bebas berselancar di internet. Karena Avira memiliki fitur yang dapat memblokir situs berbahaya, iklan berbahaya dan pelacakan website sehingga Kamu akan selalu merasa aman saat melakukan browsing.

3. Avast Free Antivirus

Avast memiliki perlindungan virus gratis yang ringan, kuat dan lengkap dalam satu aplikasi tanpa membebani memori PC Kamu. Perlindungan yang diberikan antivirus Avast dilengkapi dengan pendeteksi ancaman terbesar, perlindungan virus yang kuat, dan keamanan jaringan.

Antivirus Avast dapat memindai masalah keamanan serta kinerja komputer dan membantu Kamu untuk memperbaikinya secara instan. Avast juga akan melindungi komputer secara real-time dengan menganalisis file yang tidak dikenal jauh sebelum mereka mencapai perangkat Kamu.

Avast menggabungkan keamanan siber canggih yang digerakkan oleh AI dengan jaringan deteksi ancaman besar-besaran untuk melindungi komputer Kamu dari serangan virus, malware, adware, spyware, trojan, dan ancaman keamanan lainnya.

4. Bitdefender Antivirus Free

Antivirus Bitdefender dapat memberikan perlindungan terhadap ancaman elektronik berbahaya yang bersifat merusak, menghancurkan atau mengeksploitasi perangkat Kamu.

Bitdefender juga memiliki fitur perlindungan web saat menjelajah untuk menghindari upaya phishing dan penipuan, yang dapat mencuri data sensitif dan informasi pribadi Kamu. Bitdefender juga dapat mengatasi malware tersembunyi di perangkat yang mencuri sumber daya komputer untuk menambang cryptocurrency.

Antivirus ini hadir dengan mesin pemindai yang andal untuk memastikan pendeteksian dan penghapusan semua malware secara real-time. Bitdefender akan memantau perilaku aplikasi dan langsung mengambil tindakan jika terdapat aktivitas yang mencurigakan.

5. AVG Antivirus Free

AVG dirancang sebagai perangkat lunak keamanan yang memberdayakan Kamu untuk menikmati internet tanpa rasa takut. Dengan enam lapisan perlindungan yang kuat, AVG mampu menghentikan virus, spyware dan malware berbahaya sebelum sempat merusak komputer Kamu.

AVG menjadi salah satu pilihan antivirus gratis terbaik berkat teknologi penghapusan virus dan malware yang canggih, kemampuan mendeteksi dan menghapus spyware berbahaya, serta pemindai dan alat penghapus trojan yang kuat.

Meskipun sebenarnya antivirus AVG telah diakuisi oleh Avast sejak 2016, tetapi keduanya beroperasi terpisah. Sehingga, kedua antivirus ini memiliki fitur yang mirip meskipun dengan produk yang berbeda.

6. Panda Security

Antivirus Panda dapat melindungimu dari berbagai ancaman keamanan saat bekerja, bermain, atau menjelajah online melalui tingkat deteksi virus maksimum dengan dampak minimum pada perangkat Kamu.

Panda dapat menjadi solusi antivirus dan antimalware dengan perlindungan secara real-time terhadap semua jenis malware dan spyware. Kamu bisa melakukan penjadwalan pemindaian berkala atau melakukan pemindaian komputer Kamu sesuai permintaan.

Antivirus ini juga dapat melindungi komputer Kamu dari virus yang terdapat pada drive USB dengan cara memindai dan mencegah eksekusi otomatis malware saat drive USB dimasukkan.

Selain itu, terdapat fitur Panda rescue kit yang dapat digunakan sebagai sistem pemulihan untuk mem-boot dan membersihkan komputer yang terinfeksi bahkan jika tidak dapat dijalankan.

7. Sophos Home

Sophos Home adalah salah satu aplikasi antivirus gratis terbaik yang bisa Kamu gunakan untuk melindungi komputer dari virus, malware, trojan, worm, bot, aplikasi yang tidak diinginkan, dan masih banyak lagi.

Antivirus Sophos Home dapat melakukan pemindaian mendalam dan pembersihan komputer Kamu dari ancaman tersembunyi. Sophos Home juga dapat memblokir situs web yang buruk atau disusupi untuk penjelajahan yang lebih aman, termasuk dari ancaman phising.

Nah, itulah 7 rekomendasi antivirus gratis terbaik yang bisa Kamu gunakan untuk membantu melindungi PC & laptop Kamu dari virus dan malware.

Artikel Terkait :

Tinggalkan Komentar