10 Situs Penyedia Gambar Gratis Bebas Hak Cipta

Situs Penyedia Gambar Gratis Bebas Hak Cipta

Pernahkah Kamu kesulitan untuk mendapatkan gambar gratis bebas hak cipta saat ingin membuat konten pada blog ataupun situs Kamu?

Meskipun banyak sekali gambar yang bisa Kamu dapatkan melalui Google, tetapi sebagian gambar-gambar di sana telah diberi hak cipta atau watermark. Jika Kamu menggunakan gambar dengan copyright, tentu saja akan sangat berisiko karena pemilik gambar dapat membawanya ke jalur hukum.

Selain itu, penggunaan gambar dengan hak cipta pada blog atau situs juga dapat menyebabkan penolakan saat Kamu ingin memonetisasi blog melalui Google Adsense. Hal tersebut sudah dijelaskan melalui kebijakan Adsense yang mematuhi undang-undang hak cipta setempat dan melindungi hak pemegang hak cipta.

Terdapat juga perlindungan hak cipta digital, atau yang biasa disebut sebagai DMCA (Digital Millennium Copyright Act). DMCA ini berwenang untuk melakukan penghapusan konten dan index konten apabila ditemukan adanya situs yang melanggar hak cipta.

Sebenarnya ada banyak situs penyedia gambar gratis bebas copyright yang bisa digunakan secara individual ataupun komersial. Nah, berikut merupakan situs untuk download gambar gratis bebas hak cipta.

10 Situs Tempat Download Gambar Gratis Tanpa Hak Cipta

10 Situs Download Gambar Gratis Tanpa Hak Cipta

1. Pixabay

Pertama adalah Pixabay, situs ini merupakan komunitas kreatif dengan lebih dari 2,6 juta+ gambar, ilustrasi, video, dan musik yang bebas dari hak cipta.

Hampir semua konten yang ada pada situs ini dibagikan oleh profesional, sehingga kualitas dari karya-karya mereka sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Konten-konten pada Pixabay dapat Kamu unduh secara gratis untuk penggunaan komersial dan non-komersial tanpa harus memberi kredit kepada kontributor.

Sebelum mengunduh gambar gratis bebas hak cipta dari Pixabay, Kamu perlu membuat akun terlebih dahulu. Pembuatan akun di Pixabay cukup mudah dan tentunya gratis, jadi jangan khawatir tentang biaya berlangganan ya.

2. Pexels

Pexels merupakan salah satu situs foto stok & video tanpa hak cipta terbaik yang bebas diunduh dan digunakan secara gratis. Salah satu kelebihan situs ini adalah adanya fitur ukuran kustom, yang mana dapat sangat membantu untuk menyesuaikan ukuran gambar sesuai dengan kebutuhan Kamu.

Semua gambar & video yang Kamu unduh melalui situs ini dapat digunakan tanpa perlu memberikan atribusi, Kamu juga bebas untuk merubah dan memodifikasinya tanpa perlu izin terlebih dahulu.

3. Unsplash

Ketiga yaitu Unsplash, situs ini menyediakan banyak sekali gambar kualitas tinggi secara gratis. Pada situs ini terdapat lebih dari 3 juta gambar beresolusi tinggi gratis yang dapat digunakan secara bebas di internet.

Unsplash menjadi rumah bagi komunitas fotografer untuk berbagi dan mendorong kreativitas di seluruh dunia melalui karya-karyanya. Melalui situs ini, Kamu bisa mengunduh beragam foto gratis dengan beragam kategori seperti wallpaper, tekstur & pola, interior dan masih banyak lagi.

Sama halnya dengan situs-situs lainnya, foto yang terdapat pada Unsplash dapat diunduh dan digunakan secara gratis. Tetapi, Kamu dilarang untuk menjual foto tanpa modifikasi yang signifikan.

4. PxHere

PxHere adalah situs yang bisa Kamu gunakan untuk menemukan dan berbagi gambar bebas hak cipta dengan dirilis di bawah lisensi Creative Commons Zero (CC0) ke domain publik.

Semua gambar-gambar yang terdapat pada PxHere dapat digunakan gratis untuk penggunaan pribadi dan bahkan untuk penggunaan komersial. Kamu tidak perlu meminta izin atau memberikan kredit kepada pemilik gambar, tetapi akan sangat dihargai jika Kamu memberikan tautan balik ke PxHere.

5. Freepik 

Situs ini merupakan salah satu situs terpopuler di kalangan pekerja desain grafis untuk menemukan serta mengunduh foto, desain, template presentasi, ilustrasi dan mockup berkualitas tinggi.

Kamu bisa menemukan gambar dari berbagai format melalui situs ini, seperti vector, foto, PSD dan ikon yang tentu saja dapat memberikanmu lebih banyak kemudahan.

Sayangnya, Kamu wajib untuk memberikan kredit kepada pemilik gambar jika Kamu adalah pengguna gratis Freepik. Tetapi, hal itu tentu saja akan terbayar jika mengingat gambar-gambar yang tersedia pada situs ini akan sangat membantu Kamu dalam membuat konten.

6. Rawpixel

Rawpixel menyediakan beragam stok foto yang dapat digunakan untuk proyek pribadi, media sosial, dan kegiatan non komersial. Situs ini menyediakan lebih dari 1 juta sumber daya kreatif berupa gambar, vektor, PNG, mockups PSD, dan templat grafis gratis yang dibuat secara profesional.

Dengan adanya beragam sumber daya desain grafis, situs ini bisa dimanfaatkan untuk banyak kebutuhan. Salah satunya adalah untuk membuat logo menggunakan format PSD.

Sama seperti situs lainnya, Rawpixel memiliki koleksi domain publik gratis untuk penggunaan pribadi dan komersial tanpa memerlukan atribusi. Tetapi, Kamu harus melakukan registrasi terlebih dahulu sebelum dapat mengunduh gambar-gambar gratis yang tersedia di situs Rawpixel.

7. Reshot

Reshot dapat menjadi pilihan bagi Kamu yang sedang mencari desain dan gambar gratis untuk mengisi kontenmu. Situs ini menyediakan beragam foto gratis berkualitas tinggi dengan unduhan instan serta dapat digunakan secara komersial dan non-komersial.

Lisensi yang diberikan Reshot mengizinkan Kamu untuk mengunduh, menyalin, memodifikasi, mendistribusikan, dan menampilkan foto secara publik. Sayangnya, foto-foto yang tersedia pada situs ini hanya tersedia dalam 1 ukuran saja.

8. Burst by Shopify

Shopify biasanya lebih dikenal sebagai cms toko online, tetapi sebenarnya Shopify juga memiliki layanan foto stok gratis yang bernama Burst. Burst merupakan platform yang menyediakan ribuan gambar beresolusi tinggi dan bebas royalti yang diambil oleh komunitas fotografer global.

Meskipun Burst sangat bagus digunakan sebagai situs alternatif gambar bebas hak cipta, tetapi Burst hanya menyediakan unduhan dalam ukuran high resolution dan low resolution saja.

9. StockSnap

Stocksnap merupakan situs menawarkan gambar-gambar berkualitas di bawah lisensi CC0 yang memungkinkan Kamu untuk menggunakan gambar tanpa memerlukan atribusi.

Hal yang menarik pada situs ini adalah adanya fitur editing untuk menambahkan teks, gambar, efek dan beberapa element foto secara online tanpa harus mengunduh foto terlebih dahulu. Tetapi, hal yang disayangkan adalah tidak tersedianya kustomisasi ukuran atau pilihan resolusi pada gambar yang disediakan.

10. Flickr

Flickr adalah platform sosial media yang digunakan untuk menyimpan dan berbagi foto untuk dapat dilihat orang lain. Karena Flickr merupakan jejaring sosial dengan banyak pengguna dari fotografer, maka foto-foto yang tersedia di situs ini juga memiliki kualitas yang baik.

Jika Kamu ingin menggunakan flickr sebagai situs untuk mengunduh gambar gratis tanpa copyright, Kamu harus mengubah filter lisensi ke creative commons terlebih dahulu.

Artikel Terkait :

Tinggalkan Komentar