9 CMS Gratis Untuk Membuat Toko Online

9 CMS Gratis Untuk Membuat Toko Online

Perkembangan teknologi yang semakin canggih terus mengubah perilaku hidup manusia, seperti halnya pada aktivitas jual beli. Jika dahulu semua orang harus mendatangi sebuah tempat untuk membeli sesuatu, sekarang semua barang yang Kamu inginkan bisa didapatkan melalui toko online.

Saat ini, banyak sekali pedagang yang beralih ataupun menambahkan penjualan online pada toko miliknya. Hal ini tentu saja dapat meningkatkan penjualan produk dan memperluas pasar, jika mengingat toko online memiliki cakupan yang sangat luas.

Sayangnya, tidak semua orang mengetahui cara membuat toko online. Meskipun banyak sekali marketplace yang bisa digunakan, tetapi menggunakan toko online sendiri tentu saja lebih menguntungkan. Kamu tidak perlu membayar biaya admin untuk setiap penjualan kepada pihak marketplace, dan juga bersaing ketat dengan para kompetitor.

Selain itu, menggunakan toko online untuk berjualan juga sangat bagus dalam hal Branding. Bagaimana, tertarik membuat toko online gratis? Jika iya, Kamu bisa menggunakan cms toko online gratis dibawah ini untuk membantumu memulai jualan online.

9 Rekomendasi CMS/Platform Toko Online Terbaik

9 Rekomendasi CMS/Platform Toko Online Terbaik

 

1. WooCommerce

WooCommerce merupakan sebuah plugin WordPress yang dapat digunakan untuk membangun toko online hanya dalam hitungan menit. Karena basisnya yang dibangun menggunakan WordPress, tentu saja WooCommerce dapat menjadi andalan untuk membuat toko online gratis bagi bisnis Kamu.

Dengan menggunakan kombinasi Woocommerce & WordPress, mengelola dan membuat toko online akan terasa sangat mudah. Terdapat juga fitur optimasi sosial media yang dapat membantumu meningkatkan penjualan produk dan melakukan pemasaran online.

Kamu juga bisa mendapatkan tema gratis dari WooCommerce, sehingga dapat membantumu dalam mengkustomasi situs tanpa harus bisa bahasa pemrograman. Tetapi, Kamu perlu berlangganan ekstensi berbayar untuk menambah fungsionalitas dan fitur-fitur istimewa pada toko online Kamu.

2. PrestaShop

PrestaShop adalah salah satu CMS open-source dengan fitur yang sangat dinamis sehingga mampu memanjakan penjual dan pembeli saat menggunakan toko online.

Banyak sekali fitur menarik bisa Kamu dapatkan saat menggunakan Prestashop, seperti kemudahan dalam manajemen produk dan beragamnya metode pembayaran.

Meskipun CMS Prestashop sudah memiliki fitur yang sangat lengkap, tetapi Kamu masih dapat menambahkan fitur-fitur lainnya menggunakan modul tambahan. Modul-modul ini bisa membantu Kamu dalam kustomisasi website, meningkatkan pengunjung toko online, integrasi opsi pembayaran dan masih banyak lagi.

Jika Kamu ingin menggunakan PrestaShop sebagai CMS toko online, Kamu masih perlu mempelajari sistem pengoperasian yang tidak mudah agar dapat mengoptimalkan kinerja situs.

3. Magento

Magento merupakan platform gratis dari Adobe yang bisa digunakan untuk kebutuhan bisnis dan individu dalam membangun situs toko online.

CMS ini didukung dengan beragam fitur menarik, seperti integrasi multiplatform yang mudah dan kecepatan akses yang baik menjadikan Magento salah satu CMS e-commerce terpopuler di dunia. Selain itu, CMS Magento ini juga bersifat open-source, sehingga sangat memungkinkan pemilik situs untuk mengkustomisasi toko online miliknya.

Versi gratis pada Magento memang memiliki fitur-fitur yang cukup untuk menunjang kebutuhan penjualan online. Tetapi, jika Kamu membutuhkan solusi cloud all-in-one yang dioptimalkan dengan keamanan yang ditingkatkan dan dikemas dengan kemampuan terintegrasi tambahan untuk mempercepat penjualan, Kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan versi berbayar (Adobe Commerce).

4. Shopify

Shopify adalah platform perdagangan yang dapat digunakan untuk menemukan pelanggan dan mendorong penjualan Kamu melalui situs toko online.

Dengan menggunakan Shopify, Kamu bisa menjual, memasarkan dan mengelola bisnis online Kamu hanya melalui satu platform perdagangan saja. Kamu juga dapat memperkerjakan pakar Shopify yang bisa membantu Kamu dalam segala hal mulai dari penyiapan toko hingga optimasi SEO.

Sayangnya untuk menggunakan Shopify secara gratis hanya bisa dilakukan dengan trial 14 hari saja, dan harus membayar biaya berlangganan jika ingin terus menggunakan platform ini.

5. OpenCart

OpenCart merupakan salah satu CMS toko online open-source terbaik yang mudah dalam pengelolaan dan penggunaan, serta dilengkapi dengan optimalisasi untuk penjualan produk Kamu.

CMS ini juga dilengkapi dengan marketplace yang menyediakan beragam ekstensi dan tema yang dapat membantumu dalam menambah fitur-fitur pada situs toko online Kamu.

Kamu dapat menggunakan CMS OpenCart untuk kebutuhan komersil tanpa harus mengkhawatirkan biaya berlangganan karena lisensinya yang bersifat open-source. Tetapi, tidak semua ekstensi dan tema yang disediakan pada marketplace OpenCart bisa digunakan secara gratis ya.

6. Wix

Wix adalah platform yang dapat digunakan untuk membuat toko online profesional tanpa harus bisa menguasai bahasa pemrograman sama sekali.

Pembuatan toko online menggunakan CMS yang satu ini sangatlah mudah, Kamu hanya perlu membuat akun, memilih template toko yang disediakan dan langsung menambahkan produk yang ingin Kamu jual.

Selain dapat digunakan untuk membuat toko online, alat-alat yang tersedia pada Wix juga bisa digunakan sebagai platform blogging, membuat situs perusahaan ataupun membuat logo online secara gratis.

Satu-satunya kekurangan yang paling utama dari platform ini adalah kurangnya kebebasan untuk mengkustomisasi situs, terbatasnya media penyimpanan dan tidak dapat mengubah alamat domain pada versi gratisnya.

7. CubeCart

CubeCart merupakan sistem e-commerce gratis dengan lisensi open-source yang dapat membantu Kamu untuk menjual produk digital atau fisik secara online.

Sama seperti CMS lainnya, CubeCart juga menyediakan banyak sekali fitur menarik yang masih bisa ditambahkan melalui ekstensi gratis dan berbayar.

Sayangnya, sistem keamanan pada CMS ini belum sepenuhnya optimal, banyak sekali bug yang dapat ditemukan pada versi-versi terdahulu. Selain itu, CubeCart memiliki ekstensi tambahan yang tidak lengkap dan terbatas sehingga kurang cocok untuk digunakan bagi pemula yang ingin membuat situs professional.

8. AbanteCart

AbanteCart adalah aplikasi e-commerce gratis yang sangat mudah digunakan bagi pemula untuk membangun toko online. Salah satu kemudahan yang didapatkan apabila Kamu menggunakan AbanteCart adalah saat Kamu ingin mengelola dan menambahkan produk baru ke toko melalui dashboard.

Platform AbanteCart memiliki fleksibilitas dan kemampuan ekspansi yang luar biasa, Kamu bebas mengkonfigurasi situs, mengubah kode, dan memperluas platform sesuai dengan keinginanmu.

Terdapat juga fitur ekstensi tambahan yang bisa didapatkan melalui marketplace AbanteCart untuk menambah fitur-fitur seperti gateway pembayaran dan live chat toko online.

9. osCommerce

osCommerce merupakan solusi toko online lengkap dengan frontend toko dan backend administrasi yang dapat dikonfigurasi dan disesuaikan dengan mudah untuk pemula.

Sama seperti CMS toko online lainnya, osCommerce juga menyediakan marketplace aplikasi yang dapat digunakan untuk menambah fungsionalitas pada situs Kamu.

Sayangnya, CMS osCommerce memiliki tampilan yang kurang menarik dan terkesan kurang up-to-date. Plugin dan tema yang disediakan pada marketplace osCommerce pun sudah tidak memiliki versi terbaru, sehingga CMS ini kurang cocok untuk digunakan sebagai toko online saat ini.

Nah itulah 9 rekomendasi CMS/platform terbaik yang bisa Kamu gunakan untuk membuat toko online. Bagaimana? Sudah siapkah Kamu untuk membangun situs e-commerce dan memasarkan produk Kamu secara online?

Artikel Terkait :

Tinggalkan Komentar