5 Rekomendasi Platform Terbaik Untuk Membuat Blog Gratis

Rekomendasi Platform Terbaik Untuk Membuat Blog Gratis

Banyak sekali platform blogging yang dapat membantu Kamu untuk membuat blog secara gratis, dan mempublikasikan artikelmu di media internet.

Walaupun membuat blog tidaklah semudah yang dibayangkan, namun untuk membuat blog sederhana adalah hal yang mudah. Dengan memanfaatkan platform blogging, Kamu bisa langsung melakukan setup blog tanpa harus mengenal bahasa pemrograman.

Berikut adalah beberapa platform blogging yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat blog secara gratis.

5 Platform Blogging Gratis Terpopuler

5 Platform Blogging Gratis Terpopuler

1. WordPress

WordPress adalah salah satu platform blogging yang paling banyak digunakan di dunia saat ini. Kemudahan penggunaan dan fitur-fitur pada WordPress, membuat banyak sekali blogger yang jatuh cinta terhadap yang satu CMS ini.

Terdapat dua layanan WordPress yang bisa kamu manfaatkan secara gratis, yaitu WordPress.com dan WordPress.org yang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

WordPress.com memberikan layanan pembuatan blog secara gratis dengan subdomain blogkamu.WordPress.com, tetapi dengan fungsional, penyimpanan dan kunjungan yang terbatas.

Berbeda dengan WordPress.org, Kamu memerlukan hosting dan domain untuk melakukan instalasi platform yang satu ini. Namun, terdapat banyak sekali fitur-fitur yang bisa dimanfaatkan dan dirombak sesuai keinginan Kamu seperti penggunaan Plugin WordPress.

Apabila Kamu ingin membuat blog professional dan memonetisasi blog Kamu, maka platform dari WordPress.org adalah pilihan yang tepat untuk digunakan sebagai CMS blogmu.

Tetapi, jika Kamu hanya ingin membuat blog sederhana dan masih pemula dalam hal ini maka Kamu bisa menggunakan platform gratis dari WordPress.com.

Kelebihan Platform WordPress

  • Pilihan plugin dan tema gratis yang banyak
  • Mudah dalam mengoptimasi SEO
  • Dapat diintegrasikan dengan berbagai layanan di internet
  • Fleksibel untuk berbagai kebutuhan website

Kekurangan Platform WordPress

  • Keamanan yang kurang baik jika tidak menggunakan plugin tambahan dan server yang mumpuni
  • Tema dan plugin yang terlalu sering update
  • Kustomisasi yang lebih terbatas jika pengguna tidak menguasai bahasa pemrograman
  • Banyak bertebaran tema dan plugins versi nulled, yang didalamnya terkandung virus

Pertimbangan Memilih Platform WordPress

Platform WordPress lebih cocok untuk orang yang berpengalaman dalam blogging, sebab terdapat beberapa kekurangan yang sulit ditangani bagi pemula.

Namun tidak menutup kemungkinan bagi pemula untuk menggunakan platform WordPress, karena platform ini tergolong mudah untuk dipelajari.

Jika Kamu ingin menggunakan platform ini, disarankan untuk memilih versi WordPress.org karena memiliki fitur yang lebih baik dari WordPress.com. Tetapi, dibutuhkan hosting serta domain yang tentu saja harus dipertimbangkan harganya.

2. Blogger.com

Blogger.com merupakan salah satu platform blog terpopuler dan menjadi saingan ketat untuk WordPress.

Platform yang dikembangkan oleh Google ini menawarkan fasilitas blogging gratis dengan fitur-fitur yang sangat istimewa tanpa ada biaya tambahan.

Jika Kamu ingin menggunakan blogger untuk membuat blog, Kamu bisa langsung login menggunakan akun Google dan mendapatkan subdomain .blogspot.com secara gratis.

Blogger memberikan berbagai fasilitas menarik yang tidak bisa Kamu dapatkan secara gratis pada platform lain, seperti custom domain dan SSL. Apabila Kamu menggunakan platform lain, Kamu akan dikenakan biaya tambahan jika ingin merubah alamat blog dengan domain yang Kamu miliki.

Walaupun Blogger saat ini sudah tidak sepopuler dulu, tetapi platform yang satu ini wajib Kamu pertimbangkan karena keamanan dan kemudahannya dalam kegiatan blogging.

Selain itu, Kamu juga bisa memonetisasi blog Kamu menggunakan Google Adsense ataupun publisher iklan lain untuk mendapatkan penghasilan dari blog.

Kelebihan Platform Blogger

  • Keamanan situs yang sangat baik dan sertifikat SSL gratis
  • Dapat dimonetisasi meskipun menggunakan subdomain bawaan blogspot
  • Custom domain tanpa harus membayar biaya tambahan

Kekurangan Platform Blogger

  • Blogger dapat menghapus blog Kamu jika melanggar kebijakan mereka
  • Optimasi SEO yang terbatas
  • Kurang cocok untuk situs professional
  • Terikat dengan peraturan Google
  • Pilihan tema gratis yang lebih terbatas

Pertimbangan Memilih Platform Blogger

Platform Blogger mudah untuk digunakan, tetapi memiliki fitur-fitur terbatas sehingga kurang cocok untuk situs professional.

Blogger lebih cocok dimanfaatkan sebagai blog sederhana, karena tidak open source dan dibutuhkan keterampilan yang cukup mahir untuk memodifikasi template.

Tetapi jika mengingat platform ini gratis, maka Blogger sangat layak untuk dipertimbangkan sebagai platform blog Kamu. Terlebih lagi Blogger memiliki kelebihan yang sangat menarik seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.

3. Weebly.com

Weebly merupakan salah satu platform pembuatan website yang bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan bisnis, toko online, blog dan lain-lain.

Hal yang menjadi perhatian pada platform ini adalah fitur pembuatan website visual yang bisa digunakan hanya dengan drag and drop, sehingga sangat cocok untuk pemula.

Weebly memberikan kemudahan kepada penggunanya untuk berkreasi dan membuat website dengan cepat tanpa harus memahami bahasa pemrograman.

Kelebihan Platform Weebly

  • Pembuatan blog mudah hanya dengan drag and drop
  • Sertifikat SSL gratis
  • Memiliki banyak pilihan desain tema yang menarik
  • Dukungan mobile apps untuk mengelola blog

Kekurangan Platform Weebly

  • Hanya memiliki ruang penyimpanan 500mb jika menggunakan paket gratis
  • Custom domain yang tidak gratis
  • Terdapat iklan Weebly jika tidak berlangganan Weebly Pro atau Weebly Business
  • Kurang SEO friendly

Pertimbangan Memilih Platform Weebly

Platform ini menawarkan fasilitas pembuatan website yang sangat cepat dan mudah dikustomisasi, namun memiliki kekurangan yang perlu dipertimbangkan.

Weebly akan kurang powerfull jika Kamu tidak berlangganan paket pro atau business, sehingga kurang cocok untuk membuat blog secara gratis.

Tetapi platform Weebly sangat cocok bagi pemula yang tidak mengerti bahasa pemrograman dan berkeinginan memiliki sebuah blog.

4. Wix.com

Wix adalah website builder berbasis cloud yang memungkinkan setiap orang untuk membuat situs web gratis tanpa harus bisa coding.

Dengan menggunakan platform ini, Kamu bisa melakukan desain situs hanya dengan drag & drop saja sama halnya pembuatan blog pada Weebly.

Selain itu, terdapat juga fitur Wix Artificial Design Intelligence (Wix ADI) yang bisa dimanfaatkan untuk membuat tampilan website secara otomatis hanya dengan mengisi beberapa kuisioner.

Platform ini menawarkan 500+ template situs web yang dapat Kamu gunakan dan sesuaikan dengan kebutuhan situsmu. Tetapi jika situs telah dibuat, maka template yang sudah dipilih tidak akan bisa diganti lagi.

Pembuatan blog gratis pada Wix akan secara default akan diberikan alamat subdomain username.wixsite.com/namasitus yang hanya bisa diganti apabila Kamu menggunakan paket premium.

Kelebihan Platform Wix

  • Kemudahan dalam membuat blog dengan tampilan yang menarik
  • Tersedia lebih dari 500 template yang bisa digunakan hanya dengan beberapa klik saja
  • Tampilan situs yang responsive (mobile-friendly)

Kekurangan Platform Wix

  • Tidak dapat mengganti template apabila situs telah dibuat
  • Keterbatasan resource berupa bandwidth 1GB dan storage 500mb pada versi gratis
  • Harus berlangganan paket premium apabila ingin merubah alamat domain

Pertimbangan Memilih Platform Wix

Wix memberikan kemudahan penggunanya dalam pembuatan website dengan tampilan yang indah, namun memiliki keterbatasan fitur yang perlu dipertimbangkan.

Pada versi gratis, Wix hanya memberikan bandwidth dan penyimpanan yang sangat kecil sehingga tidak cocok untuk situs besar dengan banyak pengunjung.

Jika Kamu ingin menggunakan platform ini untuk blogmu, maka paket premium adalah pilihan yang tepat.

5. Medium.com

Medium adalah sebuah platform blogging minimalis yang ditujukan bagi para penulis untuk dapat membagikan karyanya tanpa harus membangun sebuah blog.

Platform ini memiliki tampilan dengan kesan bersih dan sederhana, sehingga pengunjung akan memiliki fokus pada pengalaman membaca yang lebih menarik.

Kelebihan Platform Medium

  • Tampilan yang bersih dan user-friendly
  • Dapat mempublikasikan tulisan tanpa harus membangun blog sendiri
  • Tulisan bisa dimonetisasi melalui Medium Partner Program

Kekurangan Platform Medium

  • Pengaturan yang terbatas
  • Tidak dapat merubah alamat domain
  • Terikat dengan kebijakan platform

Pertimbangan Memilih Platform Medium

Platform Medium cocok digunakan apabila Kamu adalah seorang penulis yang tidak ingin repot-repot dalam membangun dan mengelola situs.

Selain gratis, Medium juga memberikan peluang besar bagi Kamu yang ingin mendapatkan penghasilan melalui Medium Partner Program.

Apabila Kamu ingin benar-benar membangun sebuah blog, maka Medium bukanlah platform yang cocok untukmu.

Artikel Terkait :

Tinggalkan Komentar